Pengertian SQL

Pengertian SQL  – Beberapa waktu yang lalu di blog ini kami telah membahas mengenai pengertian database, untuk membacanya silahkan kunjungi artikel  Pengertian Database dan Manfaat Penggunaan Database . Di dalam artikel tersebut kami hanya membahas sekilas mengenai database, dan untuk itu artikel kali ini akan menyempurnakan pembahasan sebelumnya mengenai database. Pertama yang harus kita ketahui jika ingin belajar membuat database adalah mengetahui istilah SQL. Apa itu SQL dan apa hubungannya dengan database? Simak pembahasan kami berikut ini mengenai  pengertian SQL . Pengertian SQL SQL adalah singkatan dari Structured Query Language. Sedangan  pengertian SQL adalah suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses data di dalam sebuah database relasional. SQL sering juga disebut dengan istilah query, dan bahasa SQL secara praktiknya digunakan sebagai bahasa standar untuk manajemen database relasional. Hingga saat ini hampir seluruh server database atau software database me

SQL GROUP BY Clause

SQL GROUP BY Clause

SQL GROUP BY Clause digunakan bersama dengan fungsi kelompok untuk mengambil data dikelompokkan sesuai dengan satu atau lebih kolom.
Sebagai Contoh: Jika Anda ingin mengetahui jumlah total gaji yang dihabiskan untuk masing-masing departemen, permintaan akan:
SELECT dept, SUM (salary) 
FROM employee 
GROUP BY dept; 
Output akan menjadi seperti:
deptsalary
------------------------------
Electrical25000
Electronics55000
Aeronautics35000
InfoTech30000
CATATAN: Kelompok dengan klausa harus berisi semua kolom dalam daftar pilih mengharapkan yang digunakan bersama dengan fungsi kelompok.
SELECT location, dept, SUM (salary) 
FROM employee 
GROUP BY location, dept;
Output akan menjadi seperti:
locationdeptsalary
---------------------------------------
BangaloreElectrical25000
BangaloreElectronics55000
MysoreAeronautics35000
MangaloreInfoTech30000

Comments

Popular posts from this blog

Materi Lengkap tentang Database

BASIS DATA : ERD, DDL, DML, AGREGASI DAN GROUPING

Basis Data (DDL, DML, ERD, Agregasi, Grouping)